Eratnya hubungan atau hubungan
timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
·
Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
·
Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan
kerja sama.
·
Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa
baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada
tercapainya tujuan.
Fungsi Satuan Organisasi dan Metode
Organisasi adalah sekumpulan orang
atau badan yang mempunyai tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi
menjadi 3 bagian, yaitu:
a. Sebagai wadah : tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses : memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi
tersebut :
1. hub. formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
2. hub. informal = mempunyai 3 peranan :
1) sarana komunikasi.
2) mengatur jalannya kerja
3) kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
c. Sebagai sistem :
1. sistem sosial (antar sesama manusia).
2. sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk
tercapainya suatu tujuan).
3. sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam organisasi).
a. Sebagai wadah : tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses : memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi
tersebut :
1. hub. formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
2. hub. informal = mempunyai 3 peranan :
1) sarana komunikasi.
2) mengatur jalannya kerja
3) kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
c. Sebagai sistem :
1. sistem sosial (antar sesama manusia).
2. sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk
tercapainya suatu tujuan).
3. sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam organisasi).
Sumber:
http://roniraffa.blogspot.com/2013/04/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
Kesimpulan:
jadi hubungan timbal balik antara
manajemen dan organisasi sangat erat karena manajemen adalah suatu proses
pencapaian sebuah tujuan melalui kerja sama antara 2 orang atau lebih.
Sedangkan organisasi itu sendiri sebagai wadah yang dibentuk untuk mencapai
tujuan dari sekelompok manusia. Disinilah timbal balik antara manajemen dan
organisasi terjadi. Organisasi memerlukan manajemen yang baik, efisien dan
efektif . Begitu juga dengan manajemen membutuhkan suatu organisasi untuk wadah
atau tempat dimana orang-orang berkumpul.
website:
- www.gunadarma.ac.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar